Vray untuk Exterior Daylight dengan 3dmax Tutorial

Tutorial untuk membuat Lighting menggunakan plugin Vray untuk exterior dan mnggunakan pencahayaan Daylight di 3dmax. Sebelum anda mengikuti tutorial ini pastikan anda sudah menginstal plugin vray dalam komputer anda.





Sebelum kita mulai, kita perlu untuk mengatur setup LWF tersebut.
Buka "Customize", "Preferense" dan klik "gamma dan Lut" tab.
Centang "Enable gamma / Lut Correction", ketik 2,2 di samping "Gamma".
Di bawah "Material and Color" cek "Affect Color Selectors" dan "Affect Material Editor".


Jangan lupa untuk setiap pemberian tekstur atau map kamu perlu menggunakan "override" gamma seperti pada gambar di bawah ini:


Jika Anda memerlukan penjelasan lebih mendalam mengenai Liner WorkFlow(LWF), anda bisa melihat 3d max tutorial Liner WorkFlow(LWF) yang telah saya tuliskan. Namun, langkah-langkah di atas cudah mencukup saya rasa.

1)Klik “create” button dan pilih “cameras”. dari drop down menu itu pilih “vray” lalu klik “vray physical camera”. sekarang kamu bisa membuat dan menempatkan kamera di manapun anda mau di dalam scene atau lembar kerja 3d max.
2)Sekarang kita akan membuat sinar matahari. Klik “create” pilih “lights”.dari drop down menu pilih vray dan Klik Vray sun. sekarang kamu bisa menempatkan "sun" dan menargetkan kedalam scene anda.
sebaiknya anda memilih “automatically add a Vray Sky environment map”, klik “yes”.

Posisi dari sinar matahari adalah langsung kedalam efek penyinaran seperti waktu di hari biasanya. di bawah ini ada 2 contoh dari rendering dengan posisi matahari yang berbeda( sambil tetap anda jaga settingan aslinya).


VraySun parameters

1) Kekeruhan/Turdibity
Parameter ini mempengaruhi warna langit dan suasana secara keseluruhan dengan cara debu mempengaruhi suasana. Sebuah nilai kekeruhan yang lebih tinggi mensimulasikan jumlah yang lebih besar dari debu dan membuat rendering terlihat lebih kekuningan. Lihat contoh di bawah ini:

2)-ozon - berkisar dari 0 ke 1. Nilai yang lebih rendah seharusnya membuat sinar matahari terlihat lebih oranye, sedangkan nilai yang lebih tinggi harus membuatnya kebiruan. Saya selalu lebih suka membiarkan ini sebagai default.

3)-vray sun size multiplier - nilai dari "0" menghasilkan bayangan yang sangat tajam, sementara nilai yang lebih tinggi membuat mereka lebih lembut.



4)-shadow subdivisions - jika anda menggunakan nilai yang lebih tinggi untuk ukuran matahari vray Anda akan perlu untuk meningkatkan shadow subdivisions juga, jika tidak sampel akan terlihat.

5)-Intensity multiplier - perlu untuk mengatakan bahwa nilai-nilai yang lebih tinggi menghasilkan intensitas cahaya matahari tinggi

Setelah ini , pengaturan yang biasanya saya gunakan untuk membuat day rendering adalah:
-intensity 1
-turbidity 4
-size multiplier 5
-shadow subdivisions 9

Jika Anda tidak suka dengan vray physical camera, Anda dapat menggunakan satu standar juga, tapi Anda perlu untuk menurunkan intensitas ke tempat sekitar 0,01

Dibawah ini adalah rendering yang dilakukan dengan menggunakan pengaturan seperti yang saya jelaskan di atas.


Seperti yang anda lihat, pada saat ini terlihat agak gelap dan rusak. Anda dapat bermain dengan kurva vray virtual frame buffer, atau mulai tweaking vray camera settings.

Vray camera parameters
Saya selalu memilih untuk lebih mengatur gambar dari Vray camera parameters.
Ada 3 parameter utama yang mempengaruhi lighting/atmosphere: F-number, shutter speed, and film speed.

1) F-number
Parameter ini menentukan lebar bukaan kamera dan karena itu mempengaruhi eksposur. Nilai yang lebih tinggi menghasilkan gambar yang gelap, sedangkan nilai yang lebih rendah mencerahkan gambar



2) Shutter speed
Parameter ini menentukan jumlah waktu film terkena cahaya. Hal ini dihitung dalam "inverse seconds" nilai-nilai yang lebih tinggi sehingga menghasilkan gambar yang gelap.


3) kecepatan Film
Parameter ini menentukan seberapa sensitif film adalah cahaya. Nilai yang lebih tinggi menghasilkan gambar lebih ringan, tapi sebaliknya adalah bahwa semakin tinggi kepekaan yang lebih "kasar" gambar akan terlihat.
Untuk rendering eksterior siang hari dianjurkan untuk menjaga ini di 100.

Ada beberapa parameter lain yang dapat Anda sentuh (seperti custom white balance, /keseimbangan warna putih, vignetting, dll), tetapi Anda dapat lebih banyak mengontrolnya jika Anda melakukan ini di photoshop.

Kesimpulannya, meskipun tidak ada "universal settings" untuk kamera vray, setiap yang saya lakukan untuk rendering cahaya exterior pada siang hari saya mulai dengan pengaturan berikut ini, dan tergantung pada scene saya tergantung dari menyesuaikan dari keadaan modeling dan cahaynya.

F-number – 7
Shutter speed – 120
Film speed – 100
Rest of the parameters – default.
dibawah ini adalah rendering dilakukan dengan menggunakan parameter ini.



selesai!
semoga bisa bermanfaat

Vray untuk Exterior Daylight dengan 3dmax Tutorial Vray untuk Exterior Daylight dengan 3dmax Tutorial Reviewed by Unknown on Wednesday, December 15, 2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.